Advertisement

© 2013-2014 All Rights Reserved. Powered by Blogger.

mengurangi efek buruk begadang

Blog Kisah Remaja

Salah satu aktivitas yang sering dilakukan para netter dan gamer adalah begadang. Begadang merupakan salah satu aktivitas semalam suntuk yang dilakukan untuk memuaskan keinginan tertentu. Para penggila bola melakukan begadang untuk menonton pertandingan bola tim kesayangannya, sedangkan para netter mungkin untuk melakukan download file tertentu. Gamer? Bagi gamer online tentu saja begadang untuk memainkan game kesayangan mereka, entah itu untuk menaikkan level karakternya atau sekedar main biar puas.

Sudah menjadi pengetahuan umum kalau begadang itu sangat buruk untuk kesehatan. Begadang akan membuat jam biologi manusia menjadi tidak bekerja seperti biasanya sehingga terjadi perubahan metabolisme dalam tubuh. Salah satu efek begadang yang berbahaya adalah penyakit liver. Karena begadang membuat racun dalam tubuh menjadi tidak terbuang, lama kelamaan liver tidak akan bisa men-filter racun dalam tubuh lagi sehingga mengalami kerusakan berat.
gambar begadang

Berikut adalah Tips mengurangi efek buruk begadang:

1. Kurangi minum kopi
Salah satu zat pendukung agar seseorang bisa melek semalaman adalah kopi. Nah, kopi itu sebenarnya tidak selalu baik untuk tubuh. Kafein yang terdapat dalam kopi memang bisa merangsang seseorang agar tidak mudah kelelahan. Tetapi, kafein juga membuat lambung memproduksi asam lambung yang berlebihan, memperberat kerja ginjal! Oleh karena itu, batasi kopi yang dikonsumsi untuk menghindari hal-hal buruk yang mungkin bisa terjadi.

2. Banyak minum air
Air akan membantu membersihkan racun yang tidak tersaring oleh liver dan ginjal. Oleh karena itu, banyak minum air ketika begadang akan banyak membantu tubuh agar tetap sehat. Selain itu, banyak minum air juga membantu agar suhu tubuh tidak cepat naik ketika begadang.

3. Jangan makan sembarangan dan berlebihan
Biasanya ketika kita tidur, maka sebagian bagian otak juga ikut tertidur sehingga kita tidak bisa merasakan kelaparan. Nah, ketika begadang maka kita pasti menjadi kelaparan karena otak tidak beristirahat sehingga tubuh bisa mengirim sinyal lapar. Untuk bertahan, maka kita butuh makanan. Ketika begadang, sebaiknya kita tidak makan makanan yang berat seperti daging atau nasi. Hal ini dimaksudkan agar tubuh tidak bekerja terlalu berat seharian penuh. Perlu diperhatikan juga, ketika begadang maka makanlah secukupnya, jangan sampai kekenyangan!

4. Jangan begadang
Kalau begadang itu bisa berdampak buruk, kenapa kita harus begadang? Toh, tetap ada hari esok untuk melaksanakan aktivitas kita bukan? Dengan tidak begadang maka kita akan terhindar dari efek buruk begadang.

separador

0 komentar:

Advertisement

Blog Kisah Remaja