Advertisement

© 2013-2014 All Rights Reserved. Powered by Blogger.

5 Gejala utama dari Kerusakan Ginjal

Dikutip dari Natural News, Senin (24/3/2014), berikut 5 gejala utama dari kerusakan ginjal:

1. Nyeri punggung bawah
Salah satu gejala paling konsisten dari kerusakan ginjal adalah nyeri punggung bawah. Nyeri ini kadang-kadang terjadi hanya pada satu sisi, namun bisa juga pada kedua sisi. Biasanya nyeri ini akan terjadi di pagi hari atau bahkan di tengah malam saat tidur.

Ini adalah tanda peringatan awal dari kerusakan ginjal, akan jauh lebih mudah diobati jika ditangani dengan cepat.

2. Ruam, gatal-gatal, dan kekeringan
Ginjal membantu menghilangkan 'limbah' dari aliran darah, sehingga ketika mereka gagal berfungsi terjadilah penumpukan limbah dalam darah. Nah, penumpukan zat-zat yang sudah tak terpakai lagi di dalam tubuh ini selanjutnya akan menyebabkan ruam, gatal-gatal, dan kekeringan.

Hal ini sering merupakan tanda awal dari kerusakan ginjal dan harus ditanggapi dengan serius. Hindari langsung memberikan obat krim topikal tanpa konsultasi ke dokter terlebih dahulu.

3. Perubahan pola urine
Ginjal bekerja memproses urine. Nah, ketika mereka gagal berfungsi dengan baik maka kemungkinan akan terjadi beberapa perubahan pola urine seperti urine berbusa, frekuensi buang air kecil meningkat di malam hari, warna urine pucat atau justru menjadi gelap, dan ada kemungkinan urine mengandung darah.

4. Pembengkakan di berbagai bagian tubuh
Ginjal membuang limbah dan cairan ekstra dari tubuh, sehingga ketika mereka tidak bekerja dengan benar maka cairan tubuh akan menjadi lebih banyak. Pada akhirnya kondisi ini dapat menyebabkan pembengkakan di wajah, tangan, kaki, pergelangan kaki, dan telapak kaki. Pada titik ini, kerusakan ginjal telah jauh lebih akut dan harus segera diatasi.

5. Kelelahan
Ginjal menghasilkan hormon yang disebut eritropoietin, dengan fungsi membantu proses pembuatan sel-sel darah merah yang membawa oksigen. Bila Anda memiliki penyakit ginjal maka otomatis produksi hormon tersebut akan menurun, yang pada akhirnya menyebabkan penurunan sel darah merah dalam tubuh dan muncul anemia. Ini kemudian akan menurunkan pengiriman oksigen ke sel-sel tubuh dan menimbulkan kelelahan.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan fungsi ginjal melalui diet dan gaya hidup, di antaranya berhenti merokok, rutin berolahraga, tetap terhidrasi, dan minum jus cranberry tanpa gula setiap hari.

source : http://m.detik.com/health/read/2014/03/24/092830/2534290/763/jangan-anggap-sepele-perhatikan-5-gejala-utama-ginjal-bermasalah
separador

0 komentar:

Advertisement

Blog Kisah Remaja